INFO TERKINI

Selasa, 31 Mei 2011

Menghadapi komputer yg hidup segan mati tak mau

Menghadapi komputer yg hidup segan mati tak mau


16112008097Komputer sudah dalam kondisi on, lampu power juga nyala dengan normal dan terdengar suara bising power supply tapi monitor tidak menampakkan tanda-tanda kehidupan. Hanya layar hitam yang ditunjukkan sebagai tanda komputer dalam kondisi hidup segan mati tak mau. Biasanya juga diikuti dengan bunyi “tiiiit” … “tiiit” …. .Rusak parah kah komputer kita jika dalam kondisi seperti ini? Jangan panik dulu, coba tenang dan ambil nafas sejenak untuk rileks, lalu baca petunjuk dibawah ini :
  1. Coba periksa memory komputer kita, kemungkinan kotor . Cabut memory  dari slotnya, kemudian bersihkan menggunakan penghapus pensil. Lalu pasang lagi pada slotnya. Jika komputer kembali berjalan normal berarti permasalahan sudah selesai.
  2. Kalau komputer kita menggunakan VGA Card, bisa jadi VGA Card nya yang kotor, cabut VGA Card kita kemudian lakukan langkah-langkah seperti pada petunjuk no 1 diatas
  3. Kalo memory dan VGA sudah dibersihkan tapi masih saja hidup segan mati tak mau trus bagaimana? nah yg ini mungkin agak rumit dan harus lebih hati2 dalam melakukannya. Bersihkan processor kita, caranya lepas kipas dan headsinknya terlebih dahulu. Bersihkan juga kipas dan headsink processornya. Karena bisa jadi karena debu yang menempel terlalu banyak disana membuat proses pendinginan processor tidak normal. Setelah itu lepas processor dari soketnya, bersihkan menggunakan kuas yang kecil dan halus. Bersihkan pin processor dan soket processor yang di motherboard. Jika sudah bersih, pasang kembali semuanya.
  4. Jika langkah-langkah diatas sudah dilakukan tapi komputer kita tetap gak mau nyala? Bersihkan semua perangkat yang terpasang dalam komputer, karena berdasar pengalaman saya sebagai teknisi, debu juga bisa menyebabkan komputer dalam kondisi hidup segan mati tak mau. Bersihkan juga motherboard menggunakan kuas, cabut semua kabel IDE dan kabel power supply yg tertancap di motherboard. Lepas motherboard dari casing. Intinya lakukan pembersihan total, termasuk casingnya. Jangan biarkan ada debu lagi yang menempel :) untuk memastikan semuanya dalam kondisi bersih aja hehehe. Setelah itu rakit kembali seperti semula.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

www.trimo-situmorang.blogspot.com

"TUNJUKAN KREASIMU" _ JANGAN PERNAH MENYERAH _
- - - - - - - -