INFO TERKINI

Selasa, 01 November 2011

Mengenal SWEBOK ( Sofware Engineering Body OF Knowledge)


Roger Pressman dalam bukunya mendefinisikan bahwa Software Engineering atau Rekayasa Perangkat Lunak adalah :
“ Disiplin ilmu yang mengintegrasikan proses, metode, dan alat untuk pengembangan perangkat lunak komputer.”
Sedangkan SWEBOK (Software Engineering Body of Knowledge) dalam situsnya http://www.swebok.org menuliskan :
“SWEBOK menggambarkan pengetahuan secara umum tentang rekayasa perangkat lunak yang dibagi ke dalam 10 area pengetahuan (Knowledge Areas) atau disebut KAs.”
SWEBOK merupakan project yang dibuat oleh IEEE, SWEBOK sendiri mempunyai panduan yang disebut Guide of SWEBOK, panduan ini dibuat untuk 5 tujuan, yaitu :
  1. Untuk memperlihatkan kesamaan pandangan tentang rekayasa perangkat lunak di seluruh dunia.
  2. Untuk memperjelas tempat dan menetapkan batas dari rekayasa perangkat lunak dan hubungannya dengan disiplin ilmu lain seperti ilmu komputer, manajemen proyek, teknik komputer dan matematika.
  3. Untuk membuat karakter isi dari disiplin ilmu rekayasa perangkat lunak
  4. Untuk memberikan akses topik ke SWEBOK
  5. Untuk memberikan pengetahuan dasar bagi pengembangan kurikulum dan sertifikasi serta perizinan.
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa SWEBOK 2004 mempunyai 10 Knowledge Areas yaitu :
  1. Software requirements
  2. Software design
  3. Software construction
  4. Software testing
  5. Software maintenance
  6. Software configuration management
  7. Software engineering management
  8. Software engineering process
  9. Software engineering tools and methods
  10. Software quality
Gambar 1 Bagian 1 sd. 5 dari SWEBOK
Gambar 2 Bagian 6 s.d 11 dari SWEBOK
Saat ini perguruan tinggi di Indonesia menyebut Software Engineering sebagai mata kuliah Rekayasa Perangkat Lunak, namun dalam materi Rekayasa Perangkat Lunak sejauh yang saya lihat karena saya juga pernah kuliah, dalam rekayasa perangkat lunak tidak menyertakan secara keseluruhan KAs. Walaupun, memang SWEBOK bukanlah satu-satunya panduan dalam pembelajaran rekayasa perangkat lunak karena masih ada CCSE (Computing Curricula Software Engineering) yang projectnya disponsori IEEE.
Pada tahun 2010 ini, SWEBOK akan mengalami beberapa perubahan dalam isinya. Tapi, mengapa harus ada perubahan, jawabannya :
  1. Perubahan praktik, alat dan metode. Karena adanya lingkungan pekerjaan yang berubah menuntut perubahan dalam SWEBOK.
  2. Menyelaraskan SWEBOK 2010 dengan CSDP (Certified Software Developer Professional) dan Software Engineering 2004.
  3. Adanya pertambahan artikel dan materi baru.
Menurut bocoran dari situs webnya, akan ada beberapa perubahan dalam SWEBOK , yaitu :
  1. Tambahan KA dalam Professional Practice – sama dengan materi yang ada di CSDP
  2. Tambahan 4 KA : Engineering Economy Foundations, Computing Foundations, Mathematical Foundations, dan Engineering Foundations – sama dengan materi yang ada di SE2004
  3. Menghapus tiga disiplin ilmu yang berhubungan : Computer Science, Mathematcs, dan Software Ergonomics.
  4. Menambahkan materi Human-Computer Interfaces dalam bagian Software Design and Software Testing
  5. Menghapus bagian Software Tools dari Software Engineering Tools and Methods, dan dipindahkan ke KA yang lain
  6. Merubah Software Engineering Methods untuk fokus mempengaruhi lebih dari satu KA
  7. Mendistribusikan materi lain ke dalam KA yang lain
Kita semua berharap bahwa Software Engineering alias Rekayasa Perangkat Lunak dapat membentuk para profesional muda menjadi Software Engineer sekelas Bill Gates, namun tentu saja SWEBOK menjadi salah satu pilihan untuk dijadikan panduan para Software Engineer dalam menjalankan profesinya.
Referensi :
[1]. Pressman, R. S. (2004). Software Engineering: A Practitioner’s Approach Fifth Edition. New York: McGraw-Hill.
[2]. http://www.computer.org/portal/web/swebok.
[3]. http://webanget.wordpress.com/

Komputer anda lambat coba denagan soslusi ini

Disini saya akan sedikit sharing mengenai cara mudah, ampuh dan praktis dalam mempercepat kinerja komputer windows anda. Ingat, khusus untuk yang menggunakan Jendela (Windows) saja. Versi windows yang akan saya bahas disini sifatnya global, jadi hampir bisa diterapkan disemua versi windows.
Melambatnya kinerja komputer windows disebabkan oleh beberapa faktor, baik faktor hardware maupun faktor software. Berikut beberapa cara mudah dalam mempercepat kinerja komputer windows anda:
1. Bersihkan desktop dari banyaknya icon yang tidak berguna
Semakin sedikit icon yang ditampilkan di komputer akan semakin meringankan kinerja komputer. Scan harddisk menggunakan tools scan bawaan windows. Hal ini bertujuan untuk mengetahui dan memperbaiki harddisk dan file-file yang mengalami kerusakan secara sofware. Scan disk bisa anda lakukan secara teratur 1 bulan sekali (jangan terlalu sering, karena justru akan bisa merusak harddisk anda).
2. Defrag harddisk
Terutama setelah anda meng-copy, menginstall atau meng-uninstall software dalam ukuran yang besar. Defrag ini berfungsi untuk menata kembali lokasi file dalam harddisk agar bisa diakses dengan lebih cepat.
3. Manfaatkan Virtual Memory
Virtual memory akan sangat bermanfaat untuk anda yang memiliki kapasitas RAM yang sangat kecil. misalkan saja anda hanya memiliki RAM 512mb yang terpasang di komputer. hal ini membuat kinerja komputer berjalan lebih lambat, terlebih Aplikasi-aplikasi sekarang membutuhkan RAM dengan minimal rata-rata 1GB. dengan memanfaatkan Virtual Memory ini, anda bisa sedikit meringankan kinerja RAM dan mempercepat kinerja komputer. settingannya bisa sesuai keinginan anda, cuma saya rekomendasikan untuk men-setting minimum 2x, dan maksimum 4x dari RAM fisik anda (cara settingnya, akan ada di postingan selanjutnya).  Namun, Jika anda menggunakan memori fisik (RAM) yang besar, disable saja fasilitas virtual memory, hal ini jelas akan sangat berpengaruh bagi anda yang senang membuka program banyak secara bersamaan.
4. Ubah style windows ke mode classic
Dengan tampilan classic, performa komputer anda akan naik, karena tenaga yang digunakan untuk mengatur tampilan bisa dialokasikan ke yang lain. namun hal ini tidak terlalu signifikan terhadap kinerja komputer. jadi bagi anda yang menyukai style windows, gapapalah dipertahankan stylenya. :D
5. Buang program yang tidak perlu
yup.. buang program yang tidak perlu, tapi inget, lewat fitur add or remove program (lewat control panel, jangan menghapus lewat program files).
6. Kosongkan harddisk dari file yang tidak begitu diperlukan
Usahakan harddisk anda mempunyai ruang bebas sebesar 10% dari total kapasitas harddisk anda.
7. Percepat loading windows
anda bisa mendisable beberapa program yang dirunning otomatis pada saat komputer dinyalakan. Sisakan saja realtime protektor dari antivirus. Gunakan software registry cleaner untuk membuang registry yang sudah tidak valid lagi.
8. Pastikan semua driver hardware sudah terinstall dengan sempurna
jangan sampai ada yang konflik apa lagi belum terinstall. Gunakan juga software driver terbaru dari masing-masing vendornya.
9. Jangan gunakan antivirus lebih dari 1 jenis
kecuali memang karakteristik beda anda bisa memasang 2 antivirus. Misal untuk virus dari luar anda bisa menggunakan avast, sedangkan untuk menangkal virus lokal anda bisa menggunakan smadav.
10. Gunakan versi software yang cocok dengan kemampuan hardware anda
Tidak lucu ketika anda memasang adobe photoshop cs 5 di komputer pentium III. bermain PES 2011 dengan komputer pentium II. Haghag.. :D
11. Hapus File Temporary
hal ini sangat berpengaruh karena komputer yang digunakan untuk aplikasi-aplikasi berat seperti Corel, Photoshop, Pinacle, dll akan membuat RAM penuh data temporary. mari kita bersihkan. caranya sangat mudah.
1. Klik kanan mouse di desktop, pilih New – Shortcut
2. Ketik %windir%\system32\rundll32.exe advapi32.dll,ProcessIdleTasks pada kolom isian yang muncul
3. Klik Next
4. Beri nama shortcut tadi, nama yang dapat diberikan bebas sesuai keinginan kamu, atau kamu lewat aja, namanya otomatis jadi rundll32.exe
5. Klik Finish
12. Overclock
Ini bagian yang paling menarik. dimana anda bisa memacu kinerja Hardware anda sampai batas maximumnya. namun cara ini sedikit berbahaya bagi anda yang belum paham betul tentang Overclocking karena bukannya komputer menjadi cepat, malahan rusak total :D . Bahasan tentang Overclocking ini akan saya bahas pada postingan selanjutnya.. (nantikan saja) :D
yupii… itulah tadi beberapa TIPS yang bisa anda gunakan ketika komputer mulai melambat. semoga bermanfaat. Happy Blogging Guys !! :D
 

Tips memili power supplay

komponen power supply atau terkenal dengan sebutan PSU kadang hanya dijadikan komponen pelengkap tanpa memperhatikan kegunaan dari PSU itu sendiri. Padahal jika dilihat fungsinya, PSU mempunyai peranan yang sangat vital. Kalo ibarat tubuh, power supply atau PSU adalah jantungnya. Semua daya dan tenaga yang dibutuhkan oleh semua perangkat komputer disupply atau diberikan oleh perangkat yang namanya power supply ini. Jadi salah menentukan pilihan bisa berakibat komponen didalam komputer tidak bisa awet sesuai dengan keinginan.
Mungkin akan terasa menarik bagi Anda jika mendapati casing dengan harga sekitar Rp. 200.000 sampai dengan Rp. 300.000, termasuk komponen power supply dengan wattage yang besar misalnya 500 Watt. Namun justru disinilah bahaya yang siap mengancam komputer anda, karena dengan harga yang seperti tersebut diatas, bisa dipastikan anda tidak akan memperoleh komponen power supply yang berkualitas. Harga untuk sebuah power supply yang berkualitas baik berkisar antara Rp. 400.000 sampai dengan Rp. 2 juta. Memang terasa mahal dibandingkan dengan harga casing itu sendiri.
Power supply ibarat sebuah jantung. Komponen lain dalam komputer harus disuplai tenaga oleh jantung yang bagus dan sehat, agar bekerja dengan semestinya. Hal yang paling sering menyebabkan terjadinya kerusakan pada komponen komputer sebagian besar adalah akibat power supply murahan denga kualitas kurang bagus. Karena itu, jangan menganggap enteng kebutuhan akan power supply yang berkualitas baik. Berikut ciri-ciri power supply yang berkualitas :
1. Harga Lumayan Mahal.
Untuk 350 Watt harga berkisar Rp. 400 ribu, 400 Watt harga berkisar Rp. 450 ribu sampai dengan Rp.500 ribu, sedangkan 500 Watt harga berkisar Rp. 600 ribu sampai dengan Rp. 850 ribuan. Untuk wattage yang lebih besar, harga dipastikan lebih mahal lagi. Harga mahal ini merupakan kompensasi dari komponen yang memang memiliki kualitas yang bagus dan lebih tahan lama.
2. Berat power supply lebih dari power supply biasa. 
Secara fisik, bobot power supply yang baik lebih berat dari yang biaa saja. Hal ini disebabkan karena power supply yang bagus menggunakan bahan – bahan terpilih, misalnya kabel-kabelnya memiliki serat tembaga yang lebih tebal, kapasitor yang ada didalamnya menggunakan kapasitor yang lebih banyak jumlahnya, dan lilitan kabel pada kumparan-kumparannya pun lebih banyak. Selain itu, power supply yang bagus, biasanya menggunakan kabel berlapis yang sering disebut dengan cable sleeving.
3. Memiliki UL Number
UL number merupakan tanda produsen sebuah power supply. Dengan mengetahui identitas produsen/pabrik power supply tersebut kita dapat mengetahui apakah kualifikasi produknya telah bersertifikasi internasional. UL Number ini dapat di cek secara online lewat situs : http://www.ul.com/database/.
4. Memiliki label spesifikasi voltase dan ampere yang digunakan, melekat di body power supply. 
Jika kita mengukur dengan Voltmeter atau Ampere meter, spesifikasi yang ada pada label tersebut sama persis dengan yang hasil pengukuran yang tertera.
Mempunyai kemampuan lain, misalnya:
Active PFC (Power Factor Correction), yaitu rangkaian khusus yang digunakan untuk mengukur seberapa efisien komsumsi daya listrik.
Over Voltage Protection, yaitu kemampuan power supply untuk mencegah kerusakan komponen yang terhubung karena adanya lonjakan voltase listrik yang tiba-tiba.
Continuous Output, yaitu kemampuan power supply untuk memberikan daya setiap saat dibutuhkan.
Dan kemampuan lain yang biasanya berbeda-beda sesuai merk.
Demikian sedikit ulasan dari kami, dilain kesempatan akan kami jelaskan lebih detail mengenai komponen power supply. Beberapa merk yang bagus dan sudah kami uji dank am rekomendasikan pada Anda diantaranya power supply dari produsen FSP, Thermaltake, Antec, AcBell, Point Of View, Silverstone, dan Tagan. Sedangkan untuk merk dibawah itu Anda bisa menggunkan merk Venom, DynaPower, Enlight, dan lain sebagainya.
Jaga investasi komputer anda dengan mempergunakan power supply yang berkualitas baik.

Jadi, Apa PSU mu ?? :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

www.trimo-situmorang.blogspot.com

"TUNJUKAN KREASIMU" _ JANGAN PERNAH MENYERAH _
- - - - - - - -