INFO TERKINI

Sabtu, 25 Februari 2012

Tempat Wisata Alam di Pulau Sumatera

Indonesia adalah negara tropis yang memiliki keindahan alam yang luas dan bervariasi. Pesona tempat wisata alam di Indonesia menjadi tujuan wisata favorit wisatawan luar negeri untuk menikmati masa liburan mereka dengan tenang. Limpahan sinar matahari sepanjang tahun menarik kunjungan turis mancanegara untuk menjelajahi ribuan tempat wisata alam yang ada di Indonesia mulai dari Sabang sampai Merauke.
Salah satu pulau yang memiliki tempat wisata alam terindah di Indonesia adalah Pulau Sumatera. Pulau Sumatera adalah salah satu pulau terbesar di Indonesia selain Pulau Kalimantan, Pulau Irian, Pulau Sulawesi, dan Pulau Jawa. Keindahan tempat wisata di Pulau Sumatera dan sekitarnya terbagi ke dalam 10 propinsi yang berada di ujung paling barat Indonesia, mulai dari Propinsi Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) hinga propinsi Lampung.
Untuk mencapai kota-kota besar di Pulau Sumatera, Anda bisa memanfaatkan layanan penerbangan bertarif murah yang saat ini telah menjangkau seluruh ibukota propinsi di wilayah Sumatera. Sejumlah pelabuhan udara melayani jalur penerbangan internasional dengan tujuan dan kedatangan dari luar negeri. Misalnya Bandara Polonia di Medan, propinsi Sumatera Utara, dan Bandara Kijang di kota Tanjung Pinang, propinsi Kepulauan Riau.
Tempat Wisata Alam Danau Toba
Tempat Wisata Alam Danau Toba
Kondisi alam Pulau Sumatera yang didominasi oleh pegunungan berapi menjadikan tempat wisata alam di pulau ini memiliki keragaman hayati yang luas dan tidak akan pernah membosankan untuk dikunjungi. Tamasya bersama keluarga akan terasa lebih berkesan dengan mengunjungi tempat wisata alam disana. Beberapa lokasi tempat wisata alam di Pulau Sumatera yang patut Anda datangi adalah sebagai berikut:

1. Tempat Wisata Alam Danau Laut Tawar di Takengon, Aceh.

Danau Laut Tawar terletak di dataran tinggi kota Takengon, propinsi Nanggroe Aceh Darussalam (NAD). Tempat wisata alam yang berdekatan dengan gunung berapi Geureudong ini bisa dijangkau melalui jalur transportasi darat dari kota Bireuen di utara maupun kota Kutacane di selatan. Danau Laut Tawar menyajikan keindahan alam khas Aceh dengan topografi tanaman tropis. Inilah tempat wisata alam favorit masyarakat Aceh.
Pesona tanah Serambi Mekah semakin menawan dengan warna budaya Islami yang tampak dalam kehidupan sehari-hari penduduk Takengon. Sejumlah tarian adat ditunjukkan untuk menyambut kedatangan tamu yang berkunjung ke tempat wisata alam di Aceh. Misahnya tari Saman yang dinamis.

2. Tempat Wisata Alam Danau Toba Dan Pulau Samosir di Sumatera Utara.

Danau Toba adalah danau terluas di Indonesia. Menurut pendapat para ahli Geografi, danau ini terjadi akibat letusan gunung berapi pada jutaan tahun lalu. Maka tidak mengherankan bila tanah sekitar Danau Toba menjadi subur dengan pertumbuhan tanaman tropis yang indah. Di tengah-tengah Danau Toba terdapat tempat wisata alam Pulau Samosir yang dipercaya masyarakat memiliki kaitan erat dengan terciptanya budaya Suku Batak.
Pulau Samosir memiliki sejumlah desa adat yang tetap terjaga keasliannya seperti keadaan ratusan tahun lalu. Meski modernisasi telah mewarnai kota metropolitan Medan, namun masyarakat Batak tetap memegang teguh budaya mereka. Tempat wisata alam di Sumatera Utara ini menyajikan panorama indah yang bisa Anda abadikan dalam gambar tempat wisata.

3. Tempat Wisata Alam Danau Singkarak di Kota Solok, Sumatera Barat.

Propinsi Sumatera Barat beribukota di Padang dan memiliki beberapa tempat wisata alam danau yang indah. Selain Danau Singkarak, propinsi yang memiliki budaya suku Minangkabau ini memiliki tempat wisata alam Danau Maninjau di Bukit Tinggi, Danau Dibawah, dan Danau Diatas. Daya tarik tempat wisata alam Danau Singkarak adalah kondisi alam pegunungan yang eksotis berbalut dengan kekayaan budaya suku Minangkabau yang khas.
Agar bisa menikmati panorama indah tempat wisata alam Danau Singkarak, Anda bisa melalui jalur transportasi udara dengan tujuan Bandara Tabing di Kota Padang. Setelah itu perjalanan wisata dilanjutkan melalui transportasi darat menuju tempat wisata alam yang menarik ini. Sepanjang perjalanan menuju tempat wisata alam Danau Singkarak, Anda bisa menyaksikan rumah adat gadang khas budaya Minang.

4. Tempat Wisata Alam Sungai Musi di Kota Palembang, Sumatera Selatan.

Propinsi Sumatera Selatan adalah salah satu wilayah yang mengalami pertumbuhan ekonomi paling cepat di Indonesia akhir-akhir ini. Hal ini berimbas pula kepada pembangunan beragam sarana dan prasarana pendukung tempat wisata alam yang ada disana. Tempat wisata alam yang menarik di Propinsi Sumatera Selatan adalah Sungai Musi. Sungai Musi memiliki Jembatan Ampera yang menjadi ikon kota Palembang.
Sungai Musi terletak di Kota Palembang, ibukota propinsi Sumatera Selatan, dan membelah kota tersebut menjadi dua bagian. Tempat wisata alam di Palembang ini memiliki keunikan pada percampuran budaya Melayu, India, Konghucu, dan beragam suku bangsa pendatang. Makanan khas kota Palembang adalah empek-empek. Liburan jadi lebih menyenangkan bila menjelajahi tempat wisata alam di Palembang sambil menyantap sajian kuliner khas masyarakat nelayan.
Tempat wisata alam lainnya yang ada di Pulau Sumatera dan sekitarnya adalah Pantai Cermin, pantai-pantai di Propinsi Kepulauan Riau, menikmati keindahan bawah laut Pulau Weh dan lain-lain. Beragam tempat wisata alam di Pulau Sumatera menanti kunjungan para wisatawan yang ingin menghabiskan waktu liburan mereka dengan suasana alam yang tenang. Harmoni keindahan alam dan keramahan penduduk setempat menjadikan tempat wisata alam di Pulau Sumatera tidak pernah sepi pengunjung. Mari jelajahi keindahan tempat wisata alam di Pulau Sumatera!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

www.trimo-situmorang.blogspot.com

"TUNJUKAN KREASIMU" _ JANGAN PERNAH MENYERAH _
- - - - - - - -